Profil Nagari Sumaniak 1 -->

Advertisement

Profil Nagari Sumaniak 1

Barito Nagari
Senin, 19 Oktober 2015

Secara administratif sumaniak adalah salah satu nagari dari 6 nagari yang berada di kecamatan Salimpaung kabupaten Tandah Datar Sumatera Barat. Sumaniak merupakan salah satu tuo (tua) di lingkungan Pemerintahan Tuanku Titah Sungai Tarab.

Nagari-nagari Tuo ini dipimpin oleh Datuak Palo dan menganut sistem laras nan duo yaitu Kelarasan Koto Piliang dan Kelarasan Bodi Caniago, disebabkan Tuanku Makhudun Syah berdiam di Sumaniak dan berfungsi selaku panji marawa basa atau limbago palinduang adat dan syarak.

Kemudian dengan berlakunya peraturan daerah (Perda) Nomor 17 Tahun 2001 tentang Sistem Pemerintahan Nagari,. Saat ini Nagari Sumanik terdiri dari tujuh jorong masing-masing Jorong Piliang Laweh, Piliang Sani, Koto Piliang, Mandihiliang, Guguak Tinggi, Guguak Maniah dan Guguak Panjang.

Adapun luasnya sekitar 2.000 ha dengan rincian persawahan 380 ha, hutan/ladang 660 ha, luas hutan bukit 150 ha dan luas pemukiman 910 ha. Sedangkan jumlah penduduk terdiri dari 4.650 jiwa atau 1.295 KK. Di mana, sekitar 50 persen penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan sisanya pegawai negeri, dan swasta dan kebiasaan merantau yang ditanamkan dari dulunya sesuai dengan pepatah tuo: “Karatau madang di hulu, Babuah babungo balun, Marantau bujang daulu, Dirumah baguno balun” diperkirakan sekitar 15.000 ribu lebih warganya tinggal di perantauan sehingga dengan potensi cukup mempengaruhi perkembangan kehidupan masyarakatnya. “Dengan potensi itu memberikan sumbangsih secara lansung terhadap pembangunan nagari Sumaniak mendapat dukungan dari perantau Sumaniak yang berada di berbagai penjuru di Indonesia bahkan di luar negeri.