DI SUMANIAK AKAN DIDIRIKAN PONDOK PESANTREN -->

Advertisement

DI SUMANIAK AKAN DIDIRIKAN PONDOK PESANTREN

Barito Nagari
Selasa, 19 Januari 2016

Selasa, 19 Januari 2016 M - 9 Rabiul Akhir 1437 H
Dilaporkan oleh: Fitra Yadi

"Beberapa tahun lagi di Sumaniak akan berdiri Pondok Pesantren". Kabar tersebut sudah lama tersiar pada sebagian masyarakat Sumaniak. Pernyataan itu dibenarkan oleh wakil ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sumaniak Husni Dt. Sohieh Marajo ditemui media pada Sabtu (16/1/2016) lalu ketika sedang melakukan survei kesahan lahan dan kepemilikan tanah yang bakal dijadikan tempat berdirinya pesantren itu di Lokuak Tungkoa jorong Piliang Sani.

Dari informasi yang didapat media ini bahwa tanah yang akan dijadikan sebagai lahan tempat berdirinya pesantren tersebut adalah milik keluarga Yon Hendri (50 th) kepala jorong Piliang Soni yang berlokasi di Lokuak Tungkoa dekat Sawah Gombang diantara jalan ke Sungayang dan Sungai Patai. Sekarang tanah itu sedang berisi tanaman coklat seluas 6.700 M persegi. Polak itu sudah dijual kepada H. Ricko Wendra mewakili panitia pembangunan pesantren seharga 250 juta rupiah pada tanggal 19 November 2015 yang lalu. Sebelah timur berbatasan dengan jalan raya, sebelah barat berbatasan dengan polak Yon Hendri, sebelah selatan berbatasan dengan Batang Sumaniak dan sebelah Utara berbatasan dengan polak Yusnidar dan polak Khairul Anwar.

Lokasi lahan itu sangat strategis di tepi jalan diantara 3 nagari, yaitu Sumaniak, Sungayang dan Sungai Patai yang bisa diakses dari berbagai penjuru jalan. Tempatnya tenang dan sejuk serta jauh dari kebisingan dan polusi lingkungan.

Yon Hendri mengatakan bahwa "dana pembangunan pesantren ini adalah berasal dari para perantau Ikatan Keluarga Sumaniak (IKS) dan diharapkan akan terealisasi sesegera mungkin. Nantinya di sini akan dibangun masjid, ruang belajar bertingkat, pemondokan, perpustakaan, unit usaha untuk membantu pembiayaan pesantren, toko, waserda, koperasi dan belajar mengajar didukung teknologi informasi".