ANDAI KATA ADA CALON WALI NAGARI YANG MENGGRATISKAN URUSAN SURAT MENYURAT -->

Advertisement

ANDAI KATA ADA CALON WALI NAGARI YANG MENGGRATISKAN URUSAN SURAT MENYURAT

Barito Nagari
Rabu, 10 Februari 2016

Rabu, 10 Februari 2016 M - 1 Jumadil Awal 1437 H
Dilaporkan oleh: Fitra Yadi

"Andai kata ada calon wali nagari yang mau menggratiskan semua urusan surat-menyurat di kantor wali nagari Sumaniak, dipastikan ia akan terpilih menjadi wali nagari nantinya" Demikian kata seorang pemuda perantau Sumaniak di Bengkulu kepada media ini Sabtu (6/2/16) yang lalu.

Warga nagari Sumaniak sudah banyak mendiskusikan mengenai pemilihan wali nagari beberapa bulan mendatang. Bukan hanya di Sumaniak tetapi juga sampai ke rantau. Dari hasil diskusi mereka di Bengkulu dan juga melibatkan beberapa orang perantau Palembang menyimpulkan bahwa "kebanyakan masyarakat yang tinggal di Sumaniak hidup dibawah garis kemiskinan dengan latar pendidikan yang kurang memadai. Mereka sangat membutuhkan program yang menyentuh langsuh hajat hidup mereka".

"Bila saja ada wali nagari yang menggratiskan seluruh urusan surat-menyurat di kantor wali nagari Sumaniak, pasti mereka sangat suka sekali dan pasti akan mendukungnya. Sekarang banyak yang mengeluh dengan pelayanan kantor wali nagari, ini itu dua puluh ribu rupiah, bikin surat keterangan ini dan itu dua puluh ribu rupiah, padahal formatnya sudah ada di komputer, kan tinggal merubah sedikit data saja, lalu dicetak, gampang bukan? belum lagi lemahnya pelayanan pegawai kantor wali nagari, kadang mereka terkesan acuh tak acuh saja dengan masyarakat yang ingin berurusan dengan wali nagari " kata pemuda itu.

"Yang diinginkan masyarakat bawah itu, adalah wali nagari yang mengerti dengan perasaan susah masyarakat. Jangan sampai ada juga di benak masyarakat kalau berurusan dengan kantor wali nagari itu rumit. Gratiskan semua biaya administrasi" pungkasnya.