KAMI INGIN WALI NAGARI YANG TELAH HIDUP BERSAMA KAMI DAN TETAP TINGGAL BERSAMA KAMI -->

Advertisement

KAMI INGIN WALI NAGARI YANG TELAH HIDUP BERSAMA KAMI DAN TETAP TINGGAL BERSAMA KAMI

Barito Nagari
Rabu, 10 Februari 2016

Rabu, 10 Februari 2016 M - 2 Jumadil Awal 1437 H
Dilaporkan oleh: Fitra Yadi

Tentunya yang akan bisa memimpin kami adalah orang yang sangat memahami kami pula, oleh karena itu ke depan "kami ingin wali nagari Sumaniak nantinya adalah seorang yang telah hidup bergaul di tengah kami dan tetap tinggal di Sumaniak bersama kami" kata Edrianus (Tuak Ongku Yet) ketika ditemui di kediamannya di Longgoa Piliang Soni beberapa hari yang lalu.

Melalui diskusi panjang dengan Tuak Ongku Yet ia menggambarkan keadaan kepemimpinan nagari Sumaniak sekarang sudah seperti TV saja yang diremote dari luar Sumaniak. Apapun peristiwa yang terjadi sekarang adalah hasil remote yang dikendalikan dari jauh. Masyarakat di kampung belum tentu suka denga program terbaik yang dibuat oleh orang yang tinggal jauh yang tidak hidup sehari-hari bersama mereka.

Memang banyak program yang baik-baik digelar di kampung, tetapi tidak semua masyarakat paham dengan baik dan dapat menjalankannya dengan sempurna. Jadi baiknya apapun program yang akan diterapkan kepada kami, sebaiknya lahir dari kesadaran kami sendiri, karena itu yang sesuai dengan jangkauan pemahaman kami dan itu pasti kebutuhan kami.

Wali nagari sekarang saja misalnya, ia tidak tinggal di Sumaniak, ia meremote nagari dari tempat tiggalnya di Batusangkar. Ketua KAN juga tidak tinggal di Sumaniak, ia  tinggal di Padang. Ketua pegurus masjid Jamik Sumanik juga tinggal di Batusangkar. Bagaimana nanti kami akan menghubungi mereka untuk berurusan kalau mereka tidak ada di dekat kami. Kami ingin bila subuh hari bisa bertemu dengan pemimpin kami dikala shalat subuh berjama'ah di masjid, atau bila ingin ke kantor wali, ia selalu berada di lokasi. Tidak susah dihubungi" jelasnya.